Memajukan UMKM Warga di Masa Pandemi, Mahasiswa Kukerta UNRI Melaksanakan Sosialisasi Pembuatan Nugget dari Olahan Ikan Patin

KILASRIAU.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balek Kampung Universitas Riau 2021 Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru mengadakan sosialisasi pembuatan nugget dari olahan ikan patin guna memajukan UMKM masyarakat RT 02 Kelurahan Bencah Lesung di masa pandemi.

Sosialisasi pembuatan nugget ini berlangsung pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 disalah satu rumah warga RT 02 yaitu Ibu Reni dan dipandu oleh tim kukerta UNRI sendiri sebagai moderator, pemateri, dan demonstrator pembuatan nugget.

Kegiatan sosialisasi pembuatan nugget ini diawali dengan kata sambutan Ketua RT 02 yaitu Dedi Yasril sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tim kukerta,

"Saya sangat senang dengan kegiatan mahasiswa ini, dan tentunya saya sangat mendukung apalagi bisa meningkatkan wawasan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi dengan membuat suatu olahan berbahan ikan," ucapnya.

Sementara itu Ketua tim kukerta balek kampung UNRI 2021 yaitu M. Iqbal Dzulfikar menuturkan kegiatan ini mengacu pada pemanfaatan sumberdaya tempatan yang ada di Kelurahan Bencah Lesung di bidang perikanan yang maju dan berkembang pesat. Salah satu ikan yang mereka budidayakan ialah ikan patin yang kemudian di jadikan sebagai bahan utama olahan nugget.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) warga serta diharapkan dapat menjadi produk unggulan desa di Kelurahan Bencah Lesung. 

"Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini tentunya dapat memberikan edukasi kepada warga bahwa potensi yang mereka miliki dapat dijadikan sumber penghasilan dengan inovasi dan kreasi lain menjadi sebuah olahan yang lebih menarik perhatian dan memiliki daya jual lebih tinggi," ujarnya.

Pelatihan ini juga dilakukan dengan menjelaskan cara proses pengolahan ikan patin hingga menjadi nugget, kemudian juga dijelaskan rincian harga serta keuntungan yang didapatkan dari usaha nugget ikan patin.

“Alhamdulillah senang dan lega rasanya warga dapat berpartisipasi dan berantusias untuk mengikuti program ini, apalagi saat beberapa warga diminta untuk mencoba dan merasakan bagaimana hasil olahan nugget ikan patin. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga setempat”, imbuhnya






Tulis Komentar